Karya Tulis Ilmiah
Perbedaan Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Gizi Seimbang Pada Kelas 5 SD Antara Kelompok Edukasi Gizi Dengan Media Komik Dan Video Animasi Di SDN Joglo 03 Pagi Jakarta Barat
Anak usia sekolah merupakan kelompok yang rentan terkena masalah gizi,
permasalahan gizi yang ada dapat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan.
Pengetahuan merupakan dasar pembentukan sikap. Penambahan pengetahuan
diupayakan diberikan melalui media yang menarik. Media komik merupakan media
cetak yang memiliki keunggulan yaitu mudah digunakan dan menampilkan gambar
serta cerita yang menarik. Media video Animasi merupakan media audiovisual yang
menggabungkan antar gambar, tulisan dan suara. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaan antar kedua media tersebut yang berpeluang lebih besar
dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap mengenai prinsip gizi seimbang pada
murid kelas 5 SDN Joglo 03 Pagi Jakarta Barat. Desain penelitian menggunakan
quasi experiment dengan rancangan one group pre dan post test. Teknik
pengambilan subjek dilakukan dengan purposive sampling. Terdapat dua kelompok
perlakuan yaitu kelompok absen ganjil menggunakan media komik dan kelompok
absen genap menggunakan media video animasi. instrument penelitian yaitu
kuesioner pre-post test dan meda edukasi gizi berupa komik dan video animasi.
analisis data perbedaan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah edukasi gizi
menggunakan uji mann whitney. Analisis data perbedaan pengetahuan dan sikap
antar kelompok edukasi gizi menggunakan uji independent t-test dengan taraf
signifikansi 0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa perbedaan peningkatan rerata
pengetahuan sebelum dan sesudah menunjukan kenaikan baik pada kelompok
edukasi gizi melalui komik (7,76%) dan video animasi (7,57%). lalu, penelitian
perbedaan peningkatan rerata sikap sebelum dan sesudah menunjukan terdapat
kenaikan baik pada kelompok edukasi gizi melalui komik (13,95%) dan video
animasi (9,2%). Selanjutnya hasil penelitian perbedaan peningkatan rerata
pengetahuan dan sikap menunjukan tidak terdapat perbedaan peningkatan
pengetahuan antar kelompok edukasi gizi (p = 0,0086) namun terdapat perbedaan
peningkatan sikap antar kelompok edukasi gizi (p=0,002). Kesimpulan adalah
media komik dan video animasi dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap, akan
tetapi tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan pengetahuan
antar media komik atau video animasi.
Daftar Bacaan : 16 Bacaan
Kata Kunci : Anak Sekolah, Prinsip Gizi Seimbang, Pengetahuan, Sikap, Media
Komik dan Video Animasi
Tidak tersedia versi lain