Laporan-PKL
Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Manajemen Asuhan Gizi Klinik Di RSUP Fatmawati
Pelayanan gizi di rumah sakit adalah pelayanan yang diberikan dan disesuaikan dengan keadaan pasien berdasarkan keadaan klinis, status gizi, dan status metabolisme tubuh. Kegiatan pelayanan gizi di rumah sakit meliputi asuhan gizi rawat jalan, asuhan gizi rawat inap, penyelenggaraan makanan, serta penelitian dan pengembangan (PGRS, 2013). Pada ruang rawat inap, pelayanan bertujuan untuk memperoleh asupan makan yang sesuai kondisi kesehatan dalam upaya mempercepat proses penyembuhan, mempertahankan dan meningkatkan status gizi (Kemenkes RI, 2013).
Manajemen asuhan gizi klinik (MAGK) merupakan implementasi dalam pelaksanaan asuhan gizi di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan. salah satu sarana dalam mengaplikasikan pemahaman teori penatalaksanaan diet, khususnya pada pasien rawat inap. Pelayanan gizi termasuk penyelenggaraan makanan merupakan bagian dari pelayanan yang diberikan ke masyarakat, berpedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit (PGRS) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Dan hasil dari pembelajaran yaitu Mahasiswa melakukan asuhan gizi pasien yang mencakup asupan gizi, klinis, biokimia, monitoring dan evaluasi. Dalam melakukan asuhan gizi terdapat masalah keterbatasan mahasiswa melihat medical record pasien dikarenakan keterbatasan perizinan praktek dari kedua belah pihak pada masa pandemi. Dianjurkan Para mahasiswa sebelum melakukan PKL MAGK diharapkan dapat mendalami terlebih dahulu mengenai PAGT dan jenis diet dan pada masa pandemi diharapkan dapat melakukan intervensi gizi secara maksimal dengan melihat medical record di ruang rawat inap dengan alat pelindung diri lengkap dan berjaga jarak.
Tidak tersedia versi lain