Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Kepuasan Konsumen Dan Faktor-Faktor Yang Berhubungan Di Restoran Sederhana Abadanmitra Sunan Giri Jakarta Timur Tahun 2018
ABSTRAK
Jurusan Gizi
Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II
Tugas Akhir, Juni 2018
FEBI DARAJATTI SYAFA’AH
GAMBARAN KEPUASAN KONSUMEN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DI RESTORAN SEDERHANA ABADANMITRA SUNAN GIRI JAKARTA TIMUR TAHUN 2018
V BAB, 49 halaman, 18 tabel, 6 lampiran
Restoran sederhana merupakan restoran khas padang yang memiliki cabang ±150 restoran dan telah tersebar hampir diseluruh nusantara. Perkembangan restoran yang sangat pesat tidak lepas dari persaingan dengan restoran serupa maupun restoran modern dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan dan faktor-faktor yang mempengaruhi di restoran sederhana abadanmitra sunan giri. Populasi yang diambil adalah semua konsumen restoran sederhana abadanmitra sunan giri. Sampel berjumlah 50 konsumen yang diambil secara purposive. Penelitian ini menggunakan rancangan analisis cross sectional. Pengolahan data dilakukan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar konsumen restoran berumur >40 tahun sebesar 40%, berjenis kelamin laki-laki sebesar 52%, bekerja sebagai pegawai swasta/ASN sebesar 30%, bersuku bangsa Jawa sebesar 40%, makanan favorit adalah rendang sebesar 32%, kualitas pelayanan adalah baik sebesar 80%, kualitas makanan adalah baik sebesar 86%, harga adalah lebih murah sebesar 78%, faktor situasi adalah tepat sebesar 90% dan gambaran kepuasan konsumen adalah puas sebesar 70% . Pada hasil bivariat sebagian besar sudah sesuai teori bahwa kepuasan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu karakteristik, kualitas pelayanan, kualitas produk, harga dan faktor situasi. Perlunya dilakukan pelatihan pada pelayan, perlunya pengawasan pada saat pemorsian dan memberikan yang terbaik guna meningkatkan kepuasan.
Kata Kunci : Restoran, Kepuasan Konsumen
Daftar Pustaka : 25 (2000 – 2018)
Tidak tersedia versi lain