Karya Tulis Ilmiah
Daya Terima, Kelayakan Produk, Dan Implementasi Dalam Kegiatan Wirausaha Produk Frozen Food Kaki Naga Ikan Patin Melalui Media Sosial Dan MarketPlace
V BAB, 113 Halaman, 20 Gambar, 10 Tabel, 12 Lampiran
Kaki naga adalah salah satu jenis olahan yang menggunakan daging ikan lumat dengan menambahkan tepung dan bumbu-bumbu, kemudian dibentuk bulat atau lonjong dan diberi tusukan sate atau stik es krim di salah satu sisi.Salah satu jenis ikan yang dapat digunakan yaitu ikan patin karena memiliki kelebihan yaitu rasa yang lezat dan gurih, ukuran perekornya relatif besar, pertumbuhan yang pesat, dan mudah dicari. Kaki naga dapat dijadikan frozen food karena keunggulan frozen food yaitu penyajiannya mudah jika ingin dikonsumsi, zat gizi dalam makanan lebih terjaga, dapat menjangkau daerah yang jauh, harga lebih terjangkau, dan higienis. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan menjual produk frozen food kaki naga ikan patin melalui proposal bisnis. Penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Metode penelitian yaitu purposive sampling dengan kriteria-kriteria tertentu dan berjumlah 30 orang. Dari hasil uji daya terima dan uji kelayakan produk mengasilkan rata-rata skor untuk warna 3,27 yaitu menarik, aroma 3,23 yaitu suka, rasa 3,3 yaitu enak, tekstur 3,3 yaitu suka, tingkat kesukaan 3,57 yaitu sangat suka, harga jual 3,1 yaitu sesuai, kemasan produk 3,3 yaitu menarik, dan label produk 3,6 yaitu sangat informatif. Pelaksanaan kegiatan wirausaha menggunakan media sosial yaitu Instagram dan WhatsApp Business, marketplace yaitu Shopee, dan secara langsung. Penjualan produk frozen food kaki naga ikan patin mengasilkan 3 poster edukasi dan 3 poster promosi di Instagram, follower di Instagram ≥ 100 orang, dan 41 pak berhasil dijual melalui media sosial dan secara langsung. Selanjutnya akan menambah strategi untuk meningkatkan penjualan.
Kata Kunci : Frozen Food, Kaki Naga, Ikan Patin, Wirausaha, Proposal Bisnis
Daftar Pustaka : 59 (2008-2020)
Tidak tersedia versi lain