Karya Tulis Ilmiah
Daya Terima Dan Peluang Usaha Produk Sirup Jahe Merah (Zingiber officinale var. rubrum)
xiv, 100 Halaman, 10 Tabel, 9 Lampiran, 11 Gambar
Jahe merah mempunyai nama ilmiah Zingiber officinale var. rubrum adalah nama salah satu tanaman obat yang berperan penting dalam berbagai aspek di masyarakat Indonesia. Salah satu khasiat jahe yang paling sering dibicarakan adalah meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga jahe sering dimasukkan ke dalam ramuan jamu atau obat-obatan tradisional. Selain dibuat jamu atau kemasan dalam bentuk bubuk, jahe merah juga dapat dibuat dalam bentuk sirup. Penelitian ini bertujuan untuk memilih dan menjual produk sirup jahe merah melalui proposal bisnis. Penelitian ini mengunakan pendekatan cross sectional.
Metode pemilihan panelis dengan cara purposive sampling karena panelis yang diambil dari populasi tersebut memiliki kriteria yang sesuai dengan tujuan penelitian yaitu sebanyak 30 orang. Hasil penilaian uji cita rasa dan uji kelayakan yang dilakukan oleh panelis didapatkan bahwa produk produk sirup jahe merah yang terpilih terdapat pada sirup kode 01 dengan komposisi jahe merah, air, dan gula putih. Hasil dari penilian produk terpilih yaitu untuk rasa diperoleh 3,2 yaitu enak, warna diperoleh 2,6 yaitu menarik, aroma diperoleh 2,9 yaitu suka, tingkat kesukaan diperoleh 3,2 yaitu suka, harga diperoleh 2,9 yaitu sesuai, kemasan diperoleh 3,0 yaitu menarik serta untuk label diperoleh 2,8 yaitu informatif. Produk sirup jahe merah terpilih kemudian dijual.
Pelaksanaan penjualan sirup jahe merah menghasilkan 74 pengikut pada instagram, serta 16 botol terjual melalui media sosial dan secara langsung. Promosi terkait produk sirup jahe merah dapat dibuat perencanaan tertulis dan menambah market place seperti shopee untuk memperluas target penjualan serta menetapkan goal setting kembali agar penjualan dapat maksimal.
Kata Kunci : Jahe Merah, Sirup, Proposal Bisnis, Wirausaha, Media Sosial
Daftar Pustaka : 35 (2002 – 2020)
Tidak tersedia versi lain