Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Daya Terima Dan Cita Rasa Makanan Lunak Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di Rumah Sakit (Studi Literasi)
JURUSAN GIZI POLITEKNIK KESEHATAN JAKARTA II
TUGAS AKHIR, 13 Juli 2021
YESSICA FAUZIANA
“GAMBARAN DAYA TERIMA DAN CITA RASA MAKANAN LUNAK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RUMAH SAKIT (STUDI LITERATUR)”
xiii, V BAB, 53 Halaman, 9 Tabel, 2 Lampiran
Tingkat pasien adalah harapan pasien yang ditimbulkan sebagai akibat dari dalam upaya melakukan peningkatan kualitas mutu pelayanan kesehatan,, upaya memberikan kepuasan pasien terhadap pelayanan makanan penting sekali sebagai tindak lanjut untuk mengetahui mutu pelayanan makanan di rumah sakit,. Tujuannya untuk mengetahui gambaran daya terima dan cita rasa makanan lunak terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas III di rumah sakit.
Metode pengumpulan data menggunakan jurnal yang diperoleh dari Google Scholar dan Portal Garuda dan diperoleh 7 jurnal yang relevan. Penelitian ini dilakukan di rumah sakit dengan sampel pasien rawat inap kelas III yang mendapat makanan lunak. Dari beberapa jurnal penelitian yang dibahas, sebagian besar responden berusia kurang dari 50 tahun yaitu sebesar 73,4 % dan responden sebesar 50,3 % responden laki-laki . Sedangkan dari 3 jurnal terdapat 2 penelitian diperoleh hasil bahwa daya terima makanan yang kurang (< 80%) yaitu 70% dan 52 %. Sedangkan dari 3 jurnal terdapat 1 penelitian diperoleh hasil bahwa persepsi penampilan makanan yang kurang menarik sebesar 60%. Sedangkan dari 4 jurnal terdapat 1 penelitian diperoleh hasil bahwa persepsi rasa makanan yang kurang enak sebesar 51,6%. Berdasarkan 1 jurnal dengan jumlah sampel 30 orang dapat disimpulkan bahwa responden yang tidak puas sebagian besar menilai daya terima makanannya kurang sebesar 66,7% dan Berdasarkan 1 jurnal dengan jumlah sampel 30 orang dapat disimpulkan bahwa responden yang tidak puas sebagian besar menilai cita rasa makanan yang disajikan tidak sesuai sebesar 66,7%.
Penulis berharap semoga penelitian ini bisa menjadikan bahan evaluasi bagi rumah sakit agar bisa memperbaiki terkait pelayanan gizi.
Kata Kunci: Penyelenggaraan Makanan, Daya terima, Cita Rasa, Tingkat Kepuasan Pasien, Sisa Makanan
Daftar Pustaka: 26 (2008-2020)
Tidak tersedia versi lain