Karya Tulis Ilmiah
Perubahan Pengetahuan Remaja Karang Taruna Sebelm Dan Setelah Edukasi Pedoman Gizi Seimbang Melalui "Pegibang" Di Cimanggis Depok
ABSTRAK
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II
Tugas Akhir, Juli 2021
ROHMAH NUR HUSNAH
“PERUBAHAN PENGETAHUAN REMAJA KARANG TARUNA SEBELUM
DAN SETELAH EDUKASI PEDOMAN GIZI SEIMBANG MELALUI
“PEGIBANG” DI CIMANGGIS DEPOK”.
V BAB, 68 halaman, 8 tabel, 5 gambar, 1 grafik, 9 lampiran
Pengenalan gizi seimbang merupakan hal yang harus dilaksanakan karena
diharapkan dapat memperbaiki kualitas sumberdaya manusia. Salah satu upaya
dalam memberikan edukasi kesehatan yang diminati oleh remaja adalah dengan
menyesuaikan metode pengajaran dan alat bantunya dengan minat remaja. Dengan
demikian, pemberian pengetahuan melalui permainan akan sangat efektif dalam
peningkatan pengetahuan mengenai gizi seimbang. Permainan “pegibang” adalah
alat bantu edukasi gizi dalam membantu pemerintah mengedukasi tentang
pedoman gizi seimbang dan melihat kegunaannya dalam meningkatkan
pengetahuan pada remaja dalam bentuk media papan permainan dengan
mengadopsi konsep permainan catur dan monopoli. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh media permainan “pegibang” terhadap pengetahuan remaja
karang taruna tentang pedoman gizi seimbang. Jenis penelitian yang di gunakan
adalah quasi eksperimental sederhana, dengan rancangan penelitian one group pre
test-post test yang dilakukan pada 20 orang remaja. Analisis data menggunakan
analisis tabel secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan rata-rata skor pengetahuan setelah bermain “pegibang”, dari 7,03
menjadi 8,49. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media permainan “pegibang”
dapat meningkatkan pengetahuan remaja karang taruna tentang pedoman gizi
seimbang.
Kata kunci
seimbang
: papan permainan, remaja, pengetahuan, pedoman gizi
Tidak tersedia versi lain