Karya Tulis Ilmiah
Perbedaan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Konsumsi Gula, Garam Dan Lemak (GGL) Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Dengan Media Infografis Kemenkes Pada Remaja Kelas 11 Di SMAN 93 Jakarta
Sesuai dengan pesan umum gizi seimbang nomor lima, yaitu “Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak”, maka kebiasaan konsumsi makanan tinggi gula, garam dan lemak pada remaja perlu dikontrol agar remaja dapat membentuk kebiasaan makannya di masa yang akan mendatang dan terhindar dari penyakit tiak menular. Media infografis merupakan media yang mudah dipahami yang mengandung ilustrasi dan menyajikan informasi secara runtut serta sistematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan dan sikap tentang konsumsi gula, garam dan lemak (GGL) sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media infografis Kemenkes pada remaja kelas 11 di SMAN 93 Jakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental dengan rancangan one-group pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Google Form melalui WhatsApp Group. Responden pada penelitian ini adalah siswa/i kelas 11 IPS 3 sebanyak 30 orang yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yaitu memilih responden dengan mengambil secara acak dan dilanjutkan menggunakan uji statistic non-parametik, yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan, kategori kurang mengalami penurunan sebesar 6.7%, kategori pengetahuan cukup mengalami penurunan sebesar 23.3% dan dalam kategori pengetahuan baik mengalami peningkatan sebesar 30.0%. Sedangkan, hasil penelitian dalam kategori sikap kurang setelah dberikan penyuluhan mengalami penurunan sebesar 3.3%, kategori sikap cukup mengalami penurunan sebesar 6.6% dan dalam kategori sikap baik mengalami peningkatan sebesar 10.0%. Hal ini sesuai dengan nilai p value pada pengetahuan dan sikap, yaitu sebesar 0.000 (
Tidak tersedia versi lain