Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan Karyawan di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Selatan
Setiap perusahaan membutuhkan karyawan untuk menjalankan tujuan perusahaan. Karyawan memerlukan gizi yang baik agar kebutuhan gizinya tercapai sehingga performa kerjanya pun optimal. Salah satu upaya pemenuhan kebutuhan gizi karyawan yaitu melalui pemberian makan siang karena aktivitas karyawan saat bekerja sebagian besar pada pagi hingga sore. Kualitas makanan yang diberikan juga penting untuk memenuhi kebutuhan gizi dan kepuasan karyawan. Kualitas pelayanan makanan dapat dilihat melalui indikator ketepatan waktu dan cita rasa makanan yang meliputi rasa, aroma, penampilan, suhu, tekstur, besar porsi dan variasi menu. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Selatan. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang yaitu karyawan bagian Purchasing dan IT. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tingkat kepuasan pelayanan makanan karyawan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi kuesioner. Penelitian ini dilakukan selama 14 hari tidak berturut-turut dan bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengolahan data dilakukan dengan analisis secara deskriptif kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 16 karyawan RS Pondok Indah (53,33%) merasa kurang puas dengan pelayanan makanan yang diberikan.
Kata Kunci : Karakteristik Karyawan, Cita Rasa Makanan, Ketepatan Waktu,
Kepuasan Pelayanan Makanan
Tidak tersedia versi lain