Karya Tulis Ilmiah
Pengetahuan, Sikap dan Tindakan tentang Gizi Seimbang pada Siswa/i Kelas VIII di SMPN 254 Jakarta Selatan
JURUSAN GIZI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN JAKARTA II
Tugas Akhir, Juli 2018
NILA AMELIA
PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN TENTANG GIZI SEIMBANG PADA SISWA/I KELAS VIII DI SMPN 254 JAKARTA SELATAN
xiii + 39 halaman + 1 gambar + 6 tabel + 6 lampiran
Kondisi saat ini di Indonesia khususnya pada anak-anak, masih mengalami masalah gizi ganda (double burden). Gizi seimbang untuk remaja 10 – 19 tahun. Kondisi penting yang berpengaruh terhadap kebutuhan zat gizi kelompok ini adalah pertumbuhan cepat memasuki usia pubertas, kebiasaan jajan, menstruasi dan perhatian terhadap penampilan fisik “Body image” pada remaja puteri.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Tentang Gizi Seimbang Pada Siswa/I Kelas VIII di SMPN 254 Jakarta Selatan. Metode penelitian menggunakan desain studi cross sectional dan sifatnya adalah deskriptif analitik. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 254 Jakarta Selatan sebanyak 69 siswa/i.
Dengan analisa univariat dan analisa tabel silang, hasil penelitian ini yaitu 40,6% responden yang berjenis kelamin laki-laki dan sebanyak 59,4% responden yang berjenis kelamin perempuan. Berdasarkan analisa univariat disimpulkan bahwa: (1) pengetahuan responden didapatkan 7,2% pada kategori baik, cukup 50,7% dan kurang 42,0%. (2) sikap responden sebelum diberikan penyuluhan untuk kategori positif 52,2% dan negatif 47,8%. (3) tindakan responden sebelum diberikan penyuluhan untuk kategori sangat baik 73,9% dan baik 26,1%. Saran bagi pihak sekolah yaitu perlu adanya kegiatan dari ektrakulikuler Palang Merah Remaja yang aktif dalam melakukan promosi kesehatan tentang hidup sehat sesuai gizi seimbang.
Kata kunci : Pengetahuan, sikap dan tindakan tentang gizi seimbang
Kepustakaan : 17, (2000,2016)
Tidak tersedia versi lain