Skripsi
Pengaruh Metode Bernyanyi Dan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Tindakan Tentang Empat Pilar Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar Di SD Negeri Ciputat 1 Kota Tangerang Selatan
PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN GIZI DAN DIETETIKA
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II
SKRIPSI, JUNI 2021
ELISA KHARISMA
PENGARUH METODE BERNYANYI DAN MEDIA LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN TINDAKAN TENTANG EMPAT PILAR GIZI SEIMBANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI CIPUTAT 1 KOTA TANGERANG SELATAN
XIII, V BAB, 87 Halaman, 8 Tabel, 4 Gambar, 10 Lampiran
Prevalensi masalah gizi kurang dan gizi lebih pada anak usia sekolah di Indonesia masih tinggi meskipun Indonesia memiliki Pedoman Gizi Seimbang (PGS) dimana di dalamnya memperhatikan empat prinsip yang disebut Empat Pilar Gizi Seimbang. Sosialisasi Empat Pilar Gizi Seimbang dalam bentuk pendidikan gizi pada anak sekolah sangat penting dilakukan. Anak usia sekolah dasar merupakan masa dimana anak banyak mengalami perubahan yang drastis baik fisik maupun mental sehingga diperlukan metode penyampaian yang tepat agar anak lebih mudah memahami dan mengingat apa yang disampaikan kepada mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan dan tindakan tentang Empat Pilar Gizi Seimbang sebelum dan sesudah diberi edukasi melalui metode bernyanyi dan media leaflet pada siswa sekolah dasar di SD Negeri Ciputat 1 Kota Tangerang Selatan. Desain dalam penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa/I kelas V SD Negeri Ciputat 1 dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai skor pengetahuan sebelum intervensi sebesar 68.10 mengalami peningkatan menjadi 83.10 setelah diberikan intervensi. Demikian pula dengan rata-rata skor tindakan tentang Empat Pilar Gizi Seimbang sebelum intervensi sebesar 79.76 mengalami peningkatan menjadi 87.86 setelah pemberian intervensi selama 4 hari. Hasil yang didapatkan terdapat perbedaan pengetahuan dan tindakan sebelum dan setelah diberikan intervensi dengan metode bernyanyi dan media leaflet dengan nilai p-value 0.000 (p
Tidak tersedia versi lain