Skripsi
Hubungan Sarapan dan Konsentrasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Pengasinan 03
JURUSAN GIZI DAN DIETETIKA
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II
SKRIPSI, 24 JUNI 2021
ASHRI NUR FAJRI
“HUBUNGAN SARAPAN DAN KOSENTRASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 5 SD NEGERI PENGASINAN 03”
5 BAB, 72 Halaman, 24 Tabel, 5 Lampiran
Prestasi belajar merupakan tolak ukur seseorang dalam mencapai keberhasilan dibidang akademik, salah satu faktor yang mempengaruhinya yaitu konsentrasi belajar dan kebiasaan sarapan. Sarapan bermanfaat untuk menunjang konsentrasi belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Konsentrasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, untuk meningkatkan konsentrasi belajar salah satunya melakukan sarapan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Hubungan Sarapan dan Konsentrasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Pengasinan 03. Penelitian ini menggunakan studi cross sectional, jumlah sampel 57 siswa dan diambil dengan secara purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data Prestasi Belajar diperoleh dari hasil belajar siswa semester genap. Data Sarapan diperoleh dengan metode food record selama 2 hari berturut-turut yaitu pada waktu weekends dan weekdays. Data Konsentrasi Belajar diperoleh dengan metode Digit Symbol Test menggunakan stopwatch. Analisis data dengan Uji Chi-Square. Dari 57 siswa, sebagian besar memiliki Frekuensi Sarapan yang tidak rutin (56,1%), Konsentrasi Belajar Tinggi (64,9%) dan Prestasi Belajar Baik (80,7%). Ada hubungan yang signifikan terhadap Sarapan dengan Konsentrasi Belajar (p-value=0,008), Tidak ada hubungan yang signifikan terhadap Sarapan dengan
Prestasi Belajar (p-value=0,217), Ada hubungan yang signifikan terhadap Konsentrasi Belajar dengan Prestasi Belajar (p-value=0,000).
Kata Kunci : Sarapan, Frekuensi Sarapan, Konsentrasi Belajar, Prestasi Belajar.
Tidak tersedia versi lain