Karya Tulis Ilmiah
Peluang Usaha Minuman Sari Tempe Sebagai Alternatif Mengonsumsi Tempe
ABSTRAK
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN JAKARTA II
Tugas Akhir, 8 Juli 2021
AVISSA ARDELIA
“PELUANG USAHA MINUMAN SARI TEMPE SEBAGAI ALTERNATIF MENGONSUMSI TEMPE”
V BAB, 103 Halaman, 8 Tabel, 10 Lampiran, 17 Gambar
Tempe merupakan bahan makanan hasil fermentasi dari kacang kedelai atau jenis kacang-kacangan lainnya menggunakan jamur Rhizopus oligosporus dan Rhizopus oryzae. Tempe memiliki banyak manfaat diantaranya menghambat proses penuaan dini, membantu proses pertumbuhan, mencegah kanker, dan mencegah penyakit saluran pencernaan. Salah satu cara mengonsumsi tempe yaitu melalui produk minuman sari tempe. Penelitian ini bertujuan untuk memilih dan menjual produk minuman sari tempe terpilih melalui proposal bisnis. Penelitian ini mengunakan pendekatan cross sectional.
Metode pemilihan panelis dengan cara purposive sampling karena panelis yang diambil dari populasi tersebut memiliki kriteria-kriteria yang sesuai dengan tujuan penelitian yaitu sebanyak 30 orang. Dari hasil penilaian uji cita rasa yang dilakukan oleh panelis didapatkan bahwa produk produk minuman sari tempe yang terpilih terdapat pada sirup dengan kode 170 yaitu menggunakan tempe segar serta penambahan gula pasir dan xathan gum. Hasil dari penilian produk terpilih yaitu untuk rasa diperoleh 2,87 yaitu suka, warna diperoleh 2,77 yaitu menarik, aroma diperoleh 2,97 yaitu suka, tingkat kesukaan diperoleh 2,97 yaitu suka, harga diperoleh 2,87 yaitu sesuai, kemasan diperoleh 3,10 yaitu menarik serta untuk label diperoleh 3,13 yaitu informatif. Produk minuman sari tempe terpilih kemudian dijual.
Pelaksanaan penjualan minuman sari tempe menghasilkan enam edukasi pada Instagram, 107 followers, dan 26 botol terjual melalui media sosial dan secara langsung. Selanjutnya produk minum sari tempe dapat menambah varian rasa dengan uji cita rasa kembali. Promosi terkait produk minuman sari tempe dapat dibuat perencanaan tertulis dan menambah media sosial tiktok untuk memperluas target penjualan serta menetapkan goal setting kembali agar penjualan dapat maksimal.
Kata Kunci : Tempe, Sari Tempe, Proposal Bisnis, Wirausaha, Media
Sosial
Daftar Pustaka : 41 (2004 – 2020)
Tidak tersedia versi lain