Karya Tulis Ilmiah
Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Tentang Sarapan Pada Siswa/I Kelas 3 SDN Pulo 03 Pagi Kebayoran Baru Jakarta Selatan Tahun 2018
ABSTRAK
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN JAKARTA II
Tugas Akhir, Juli 2018
INDIRA PRADINI
PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN TENTANG SARAPAN PADA SISWA/I KELAS 3 SDN PULO 03 PAGI KEBAYORAN BARU JAKARTA SELATAN TAHUN 2018
V BAB, 50 Halaman, 10 tabel, 3 lampiran.
Sarapan penting bagi setiap orang untuk mengawali aktivitas sepanjang hari. Bagi anak sekolah sarapan penting karena dapat meningkatkan konsentrasi sehingga prestasi disekolah akan baik. Untuk itu diadakan penelitian tentang pengetahuan, sikap, dan tindakan sarapan untuk melihat seberapa banyak siswa SDN Pulo 03 Pagi Jakarta Selatan yang sadar bahwa sarapan penting. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling, yaitu sampel disesuaikan dengan kriteria yang ditentukan. Sampel merupakan siswa kelas 3 SD berjumlah 31 orang. Data primer diambil menggunakan kuesioner yang terdiri dari kuesioner pengetahuan, sikap, dan tindakan. Sedangkan data sekunder diambil dari dokumen sekolah. Data pengetahuan, sikap, dan tindakan yang diperoleh diberikan skor dan dikategorikan sesuai kategori. Dari hasil perolehan data dengan responden 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan, 71% anak memiliki sumber informasi tinggi, yang memiliki pengetahuan baik ada 9.3% , sedangkan untuk sikap ada 48.4% anak menunjukan sikap positif, dan ada 51% anak yang memiliki tindakan sangat baik terhadap sarapan. Hasil penelitian ini adalah anak-anak yang berpengetahuan baik belum tentu memiliki sikap yang baik, dan yang memiliki sikap baik belum tentu memiliki tindakan yang baik juga. Dari hasil penelitian disarankan sekolah dapat membuat program atau peraturan untuk meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya sarapan.
Daftar Pustaka: 12
Klasifikasi: -
Kata Kunci: Sarapan, Siswa Sekolah Dasar, Pengetahuan, Sikap, Tindakan
Tidak tersedia versi lain