Skripsi
Daya Terima Media Slide Show dan Perubahan Perilaku Sebelum dan Sesudah diberikan Penyuluhan tentang Sayur dan Buah pada Siswa-Siswi Kelas V di SDN 1 Kademangan, Tangerang Selatan
Berdasarkan Riskesdas tahun 2013, proporsi rerata nasional perilaku konsumsi kurang sayur dan atau buah sebesar 93,5 persen. Pendidikan gizi penting bagi anak sekolah untuk meningkatkan pengetahuan tentang gizi, dalam kasus ini khususnya sayur dan buah. Salah satu cara pemberian pendidikan gizi adalah dengan penyuluhan gizi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui daya terima media slide show dan perubahan perilaku sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan mengenai sayur dan buah pada siswa-siswi kelas 5 SDN 1 Kademangan, Tangerang Selatan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan one group pre-test – post-test. sampel yang diambil adalah sebanyak 39 siswa kelas V SDN 1 Kademangan, Tangerang Selatan. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku diperoleh melalui kuisioner. Perilaku konsumsi sayur dan buah di diperoleh dari wawancara menggunakan form FFQ. Perhitungan menggunakan metode paired t-test dan Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perubahan pengentahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan mendia slide show (p0,05) maupun perilaku (p>0,05) sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan sayur dan buah. Dari hasil penelitian ini disarankan agar sekolah dapat meneruskan kegiatan penyuluhan tentang sayur dan buah dengan media slide show untuk meningkatkan pengetahuan siswa hingga perilakunya.
Tidak tersedia versi lain