Skripsi
Daya Terima Media Video Animasi serta Perbedaan Pengetahuan, Sikap, Tindakan Sebelum dan Sesudah Diberikan Penyuluhan dengan Media Video Animasi Mengenai Konsumsi Sayur dan Buah pada Siswa/I Kelas V di SDIT Flowing Qur’an Jakarta Timur
Masalah perilaku makan pada anak salah satunya adalah kurangnya konsumsi sayur dan buah. Berdasarkan hasil Riskesdas (2013) menyatakan bahwa sebanyak 93,6% anak usia 10 tahun ke atas kurang mengonsumsi sayur dan buah. WHO menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan sejumlah 400 gram per orang per hari, yang terdiri dari 250 gram sayur dan 150 gram buah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya terima media video animasi serta perbedaan pengetahuan, sikap, tindakan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan mengenai konsumsi sayur dan buah pada siswa/i kelas V di SDIT Flowing Qur’an Jakarta timur. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dan dengan rancangan one group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, didapatkan sampel sebanyak 32 siswa/i. Hasil data univariat bahwa sebagian besar responden berjenis kelamin laki-laki sebesar 53,1%, daya terima media video animasi dengan presentase keseluruhan sebesar 98%, sebelum penyuluhan dilakukan pengetahuan kurang siswa/i sebesar 37,5%, sikap negatif sebesar 56,3%, dan tindakan kurang sebesar 78,1%. Setelah penyuluhan dilakukan pengetahuan siswa/i baik sebesar 78,1%, sikap positif sebesar 62%, dan tindakan baik sebesar 56,3%. Pengetahuan, sikap dan tindakan menggunakan uji T-test dan didapatkan hasil P=0,000 (P
Tidak tersedia versi lain