Skripsi
Perbedaan Tingkat Pengetahuan Gizi Seimbang Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan Dengan Media Penyuluhan Roda Putar Gizi Dan Ketertarikan Pada Siswa Kelas III Di SDIT Al Istiqomah Tangerang
ABSTRAK
JURUSAN GIZI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II KEMENTERIAN KESEHATAN RI
SKRIPSI, MEI 2017 ALMIRA FEBRI JAYANTI
“Perbedaan Tingkat Pengetahuan Gizi Seimbang Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan Dengan Media Penyuluhan Roda Putar Gizi Dan Ketertarikan Pada Siswa Kelas III Di SDIT Al Istiqomah Tangerang”
V Bab, 79 Halaman, 13 Tabel, 23 Lampiran Masalah gizi yang terjadi pada anak sekolah dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai pentingnya pola makan gizi seimbang. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan sebanyak 12 dari 15 anak (80%) masih memilih 4 sehat 5 sempurna sebagai panduan dalam mengonsumsi makanan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan tentang gizi seimbang sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan dengan media penyuluhan roda putar gizi pada siswa kelas III SDIT Al Istiqomah, Tangerang. Responden pada penelitian ini adalah 46 siswa kelas III SD. Penelitian ini bersifat Quasy Experiment dengan rancangan penelitian Pretest – Posttest with Control Group. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji statistik Paired Sample t-test dan Independent t-test. Hasil uji Paired Sample t-test pada kelompok intervensi didapatkan nilai p 0,00 (
Tidak tersedia versi lain