Skripsi
Perbedaan Perubahan Pengetahuan Gizi Seimbang Anak SD yang diberi Penyuluhan dengan Cara Papan Pintar dan Cara Cerdas Cermat pada Siswa kelas V SDN Pulo 05 dan 09 Jakarta Selatan
ABSTRAK
JURUSAN GIZI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II PROGRAM STUDI DIPLOMA IV
SKRIPSI, JUNI 2017 QADRIAMANDA GUSIKA PUTRI
PERBEDAAN PERUBAHAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG ANAK SD YANG DIBERI PENYULUHAN DENGAN CARA PAPAN PINTAR DAN CARA CERDAS CERMAT PADA SISWA KELAS V SDN PULO 05 DAN 09 JAKARTA SELATAN
xiii, V BAB, 79 Halaman, 10 tabel, 15 Lampiran Masalah gizi dapat terjadi pada seluruh kelompok umur, bahkan masalah gizi pada suatu kelompok umur tertentu akan mempengaruhi status gizi pada periode siklus kehidupan berikutnya, termasuk di dalamnya anak usia sekolah. Salah satu cara untuk menyampaikan pendidikan gizi adalah dengan penyuluhan. Penyuluhan dapat dilakukan dengan media permainan edukatif. Strategi pembelajaran aktif yang menggunakan media permainan bagus untuk menarik minat belajar siswa. Studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Pulo 05 dan 09 Pagi menunjukan bahwa masih banyak anak yang belum memiliki pengetahuan mengenai gizi seimbang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perubahan pengetahuan gizi seimbang anak SD yang diberi penyuluhan dengan cara papan pintar dan cara cerdas cermat pada siswa kelas V SDN Pulo 05 dan 09 jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan rancangan penelitian Pre test post test design with two comparison treatments. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas V di SDN Pulo 05 dan 09 dengan jumlah sampel masingmasing 25 dan 31 orang yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria inklusi yaitu hadir pada saat penelitian dan bersedia menjadi responden penelitian ini. Kriteria ekslusi dari penelitian ini yaitu sedang mengikuti penelitian lain. Hasil penelitian yang di analisis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan bahwa pada masing-masing kelompok perlakuan terjadi perbedaan yang signifikan dari sebelum dilakukan penyuluhan hingga sesudah dilakukan penyuluhan (nilai p0,05. Artinya kedua perlakuan sama baiknya, sehingga keduanya tidak ada perbedaan dalam meningkatkan pengetahuan.
Daftar Pustaka : 42 (1996, 2016)
Kata kunci : Perbedaan pengetahuan, Gizi seimbang, Anak SD Kelas V, Papan Pintar, Cerdas Cermat
Tidak tersedia versi lain