Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Kepuasan Pelanggan di Apotek Kimia Farma Kelapa Gading Periode Mei – Juni 2020
ABSTRAK
Gambaran Kepuasan Pelanggan di Apotek Kimia Farma Kelapa Gading
Periode Mei – Juni 2020
Oleh
Yetty Nurlaela
P2.48.40.1.19.276
Pendahuluan: Meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, akan mengakibatkan tuntutan peningkatan pelayanan kesehatan. Oleh sebab itu setiap Pusat Pelayanan Kesehatan dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanannnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh Pusat Pelayanan Kesehatan yaitu dengan mengevaluasi pelayanan yang telah diberikan kepada konsumen (pelanggan) secara berkala. Sehingga Pusat Pelayanan Kesehatan dapat mengetahui kekurangan dan kelemahan jasa pelayananan kesehatan yang telah diberikan. Dan selanjutnya dapat dilakukan perbaikan dan peningkatan mutu (kualitas) pelayanan kesehatan.
Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa kuisioner. Seiring dengan merebaknya pandemi Covid 19, maka kuisioner disebarkan secara online kepada responden. Populasi yang dilibatkan pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan transaksi di apotek Kimia Farma Kelapa Gading pada periode Mei – Juni 2020 yaitu sekitar 130 orang, tetapi hanya 98 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini di tentukan dengan metode Quota Sampling.
Hasil: Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Apotek Kimia Farma Kelapa Gading, dapat diambil kesimpulan bahwa pada umumnya tingkat kepuasan pelanggan di lihat dari berbagai dimensi pengukuran mutu pelayanan mulai dari Kehandalan (reliability) sebesar 78,58% , Daya Tanggap (responsibility) sebesar 79,75%, Kepastian (assurances) 74,18%, Empati (emphaty) sebesar 81,93% dan Bukti Fisik (tangibles) sebesar 70,08%, semuanya menggambarkan hasil yang sangat memuaskan dengan skor rata rata 76,89%.
Kesimpulan: Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Apotek Kimia Farma Kelapa Gading, dapat diambil kesimpulan bahwa pada umumnya tingkat kepuasan pelanggan dilihat dari berbagai dimensi pengukuran mutu pelayanan mulai dari Kehandalan (reliability), Daya Tanggap (responsibility), Kepastian (assurances), Empati (emphaty) dan Bukti Fisik (tangibles), semuanya menggambarkan hasil yang sangat memuaskan.
Kata Kunci: Apotek, Kepuasan Pelanggan, Pelayanan Kefarmasian.
Tidak tersedia versi lain