Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kimia Farma Pondasi Bulan Mei 2020
ABSTRAK
Gambaran Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan
Kefarmasian di Apotek Kimia Farma Pondasi
Bulan Mei 2020
Oleh:
Irma Putriana Rahmawati
P2.48.40.119.164
Pendahuluan : Apotek adalah tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran sediaan farmasi kepada masyarakat. Pelayanan kefarmasian bertujuan untuk mencegah dan menyelesaikan masalah obat dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Salah satu indikator yang digunakan untuk menganalisis kualitas pelayanan di apotek adalah dengan mengukur tingkat kepuasan pelanggan.
Tujuan: untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma Pondasi.
Metode : Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang membeli dengan sampel menggunakan metode systematic random sampling yang memenuhi kriteria inklusi.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan pada dimensi kehandalan diperoleh persentase skor 83,84%, pada dimensi ketanggapan diperoleh persentase skor 82,27%, pada dimensi empati diperoleh persentase skor 85,23%, pada dimensi bukti langsung diperoleh persentase skor 80,62%, pada dimensi jaminan diperoleh persentase skor 77,27%.
Kesimpulan : Tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma Pondasi menunjukkan kriteria puas dengan persentase skor 81,84%.
Kata Kunci : Apotek, Kepuasan Pelanggan, Pelayanan Kefarmasian.
Tidak tersedia versi lain