Karya Tulis Ilmiah
Studi Deskriptif Tentang Kondisi Sanitasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Jurang Mangu Timur 01 Pondok Aren Tangerang Selatan Tahun 2020
Sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh, dan berkembang secara harmonis dan setinggi – tingginya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, yang diselenggarakan melalui sekolah formal dan informal atau lembaga pendidikan yang lain. Oleh karena itu pelayanan kesehatan terhadap anak didik disekolah harus dilaksanakan.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskiptif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kondisi kesehatan lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Jurang Mangu Timur 01 Pondok Aren Tangerang Selatan. Sampel yang di ambil adalah keseluruhan dari populasi yaitu 28 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek teknis yang memenuhi syarat yaitu lokasi sekolah, konstruksi bangunan, serta Sarana dan prasarana sekolah. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat meliputi : komstruksi bangunan, ruang bangunan, kantin atau warung sekolah, pencahayaan pada ruang kelas (1), (2), (3), (4), (5), (6) dan ruang guru, ventilasi pada ruang perpustakaan dan toilet, fasilitas sanitasi sekolah yang meliputi air bersih, toilet, SPAL, serta sarana pembuangan sampah. Aspek sosial didapatkan dari 25 orang tenaga pendidik yang memiliki masa kerja lebih dari sepuluh tahun sebanyak 20 orang, sebanyak 18 orang memiliki tingkat pendidikan perguruan tinggi, dan mempunyai pengetahuan, sikap dan tindakan yang baik. Aspek administrasi di Sekolah Dasar Negeri Negeri Dasar Jurang Mangu Timur 01 Pondok Aren ini tidak ada peraturan mengenai kesehatan lingkungan sekolah, pelaksanaan kegiatan kesehatan lingkungan belum sesuai, karena dilaksanakan oleh penjaga sekolah, dan pengawasan penyelenggaraan kesehatan lingkungan dilakukan oleh kepala sekolah.
Aspek teknis yang sudah memenuhi syarat agar tetap dipertahankan dan bila memungkinkan untuk ditigkatkan lagi. Sedangkan, untuk yang tidak memenuhi syarat maka saran yang dapat penulis sampaikan agar di perbaiki sesuai dengan ketentuan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1429 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Sekolah. Untuk aspek sosial, secara keseluruhan sudah baik. Dan untuk aspek administrasi, disarankan kepada tenaga pendidik dan kependidikan untuk membentuk TIM Pelaksana UKS, dan membuat struktur organisasi baru TIM Pelaksana UKS, serta bekerja sama dengan TIM Pelaksana UKS di Puskesmas setempat.
Tidak tersedia versi lain