Skripsi
Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Penggunaan Sarana Sanitasi oleh Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 4 PasirBungur Cilograng Kabupaten Lebak Banten Tahun 2020
RINGKASAN
Dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan, perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah guna terwujudnya lingkungan sekolah yang sehat, bersih, dan nyaman, serta bebas dari ancaman penyakit maka perlu dilakukan berbagai upaya penyelenggaraan kesehatan lingkungan sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya factor-faktor yang berhubungan dengan praktik penggunaan sarana sanitasi (penyediaan air bersih, jamban atau toilet, tempat sampah, dan tempat cuci tangan) oleh peserta didik di SDN 4 Pasirbungur Cilograng Banten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode analitik observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah peserta didik yang duduk di kelas 4, 5 dan 6 SD sebanyak 66 orang dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Uji statistic yang digunakan adalah Chi Square.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik dengan pengetahuan baik (90,9%), sikap baik (97%), bependapat ketersediaan sarana sanitasi lengkap (84,2%), berpendapat peranan tenaga pendidik baik (71,2%), dan praktik penggunaan baik (90,9%). Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap (P value = 0,041), dan peranan tenaga pendidik menurut peserta didik (P value = 0,032) terhadap perilaku praktik penggunaan sarana sanitasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara sikap (P value = 0,041) dan peran tenaga pendidik menurut peserta didik (P value = 0,036) terhadap penggunaan sarana sanitasi. tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan (P value = 0,498) dan ketersediaan sarana sanitasi menurut peserta didik (P value = 0,193) terhadap penggunaan sarana sanitasi. Saran bagi peserta didik agar berani mengambil peran penggerak untuk menerapkan PHBS yang baik dan benar. Bagi tenaga pendidik harus menerapkan PHBS agar menjadi contoh acuan bagi peserta didik.
Kepustakaan : 40 (1992 - 2019)
Klasifikasi : Kesehatan Lingkungan : 3
Ilmu Kesehatan Masyarakat : 4
Pendidikan : 6
Metode Penelitian : 4
Statistik : 1
Jurnal : 7
Peraturan : 5
Umum : 10
Tidak tersedia versi lain