Karya Tulis Ilmiah
Pengaruh Media Permainan Porsiapan Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Isi Piringku
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II
Tugas Akhir, Juli 2020
EPIFANI LUSIA NIBENIA FORTUNA DAELI
“PENGARUH MEDIA PERMAINAN PORSIAPAN TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG ISI PIRINGKU”.
xv, V BAB, 80 halaman, 13 tabel, 15 gambar, 5 grafik, 10 lampiran
Salah satu kelompok yang rentan terhadap ketidakseimbangan asupan gizi adalah remaja. Hal ini dapat dilihat dari data riskesdas yang menunjukkan bahwa remaja kurus dan remaja gemuk keduanya memiliki presentase yang sama tinggi. Ini dapat disebabkan oleh perilaku makan yang tidak sesuai dengan pedoman gizi seimbang saat ini. Dewasa ini, kebanyakan remaja masih belum mengetahui prinsip gizi seimbang dan masih menggunakan slogan 4 sehat 5 sempurna. Untuk itu, cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan sebagai salah satu upaya promotif dan preventif. Board game adalah sebuah permainan yang dimainkan dengan perangkat pendukung yang sesuai dengan tujuan dibuatnya board game. Board game “porsiapan” sebagai media pendidikan kesehatan adalah boardgame yang berisi pesan gizi seimbang dalam pesan isi piringku untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang pesan gizi seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan porsiapan terhadap pengetahuan remaja tentang isi piringku. Metode yang digunakan adalah One group pretest-posttest design yang dilakukan pada 11 orang remaja. Analisis data menggunakan paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata skor setelah bermain porsiapan, dari 11,55 menjadi 16,64 dan hasil uji statistik dengan p-value=0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media permainan porsiapan berpengaruh terhadap pengetahuan remaja tentang isi piringku.
Kata kunci : media boardgame, remaja, pengetahuan, isi piringku
Tidak tersedia versi lain