Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Kebiasaan Sarapan Pagi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur)
ABSTRAK
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN JAKARTA II
TUGAS AKHIR, JULI 2020
RAISSA SHABRINA HAPSARI
Gambaran Kebiasaan Sarapan Pagi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur)
V BAB, 52 Halaman, 7 Tabel
Sarapan pagi merupakan pasokan energi untuk otak yang paling baik agar dapat berkonsentrasi di sekolah. Namun banyak anak yang tidak melakukan sarapan pagi. Berbagai penelitian membuktikan bahwa makan pagi berpengaruh pada konsentrasi dan prestasi belajar anak sekolah. Tujuan studi literatur ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar melalui berbagai literatur yang telah melakukan penelitian tentang topik ini untuk dibandingkan hasilnya. Dari 12 literatur yang ditelaah, terdapat 10 literatur yang menyatakan bahwa ada hubungan antara kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar siswa di sekolah, sementara sisanya menyatakan tidak ada hubungan antara kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar siswa. Salah satu penelitian yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara kebiasaan sarapan pagi terhadap prestasi belajar siswa mengatakan bahwa terdapat kemungkinan bahwa siswa yang tidak memiliki kebiasaan sarapan di rumah, mengkonsumsi sarapan di sekolah. Karena sarapan yang dimaksud peneliti tidak termasuk sarapan di sekolah, maka belum dapat dipastikan bahwa siswa-siswi di sekolah dasar dalam penelitian tersebut tidak benar-benar mengabaikan sarapan. Kesimpulan dari studi literatur ini adalah terdapat hubungan antara kebiasaan sarapan pagi terhadap prestasi belajar siswa.
Kata kunci : Sarapan pagi, prestasi belajar, siswa sekolah dasar
Daftar Pustaka : 42 (2009 - 2019)
Tidak tersedia versi lain