Karya Tulis Ilmiah
Perbedaan Pengetahuan tentang makanan jajanan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Dengan Media Audio Visual (VIDEO) Dan Daya Tariknya Pada Murid Kelas IV Di SDN Batu ampar 12 Pagi
ABSTRAK
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II
TUGAS AKHIR, JULI 202
ANGGITA PUTRI MELIDAWATI
“PERBEDAAN PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN JAJANAN SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) DAN DAYA TARIKNYA PADA MURID KELAS IV DI SDN BATU AMPAR 12 PAGI”
XIII, V BAB, 72 Halaman, 12 Tabel, 1 gambar, 5 Lampiran.
Peneliti memilih SDN Batu Ampar 12 Pagi karena berdasarkan hasil survei pendahuluan di dapatkan hasil bahwa sekolah terletak di pinggir jalan dan ditemukan banyak pedagang makanan jajanan yang berjualan disekitar SD tersebut. Antara lain makanan jajanan menggunakan bahan tambahan makanan (BTP) seperti bumbu penyedap, saus, pewarna dan lain-lain, serta kebersihan jajanan yang kurang yaitu terdapat beberapa penyaji jajanan terbuka dan terkontaminasi oleh debu/asap kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan tentang makanan jajanan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media Audio
Visual (video) yang meliputi karakteristik responden yaitu jenis kelamin, pendidikan ibu, pekerjaan ayah dan daya tarik video tersebut pada murid kelas IV di SDN Batu Ampar 12 Pagi. Jenis penelitian ini menggunakan one group pretestposttest. Jumlah sampel sebanyak 57 siswa diambil secara teknik total sampling. Hasil analisis menggunakan uji paired sample t-test didapatkan nilai p = 0.000 (p < 0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan bermakna antara sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media audio visual (video). Disarankan mengadakan gerakan membawa bekal dari rumah dengan tema makanan sehat/isi piringku kepada seluruh murid serta pada lingkungan sekolah disarankan untuk memasang media-media edukasi gizi dan kesehatan seperti
poster, flyer, dll.
Tidak tersedia versi lain