Karya Tulis Ilmiah
Perbedaan Pengetahuan dan Sikap Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun dan Beraktivitas Fisik Sebelum dan Sesudah diberikan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV dan V SDN Tangerang 12, Kota Tangerang
ABSTRAK
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN JAKARTA II
Tugas Akhir, 22 Juli 2020
NOVIA INDRIYANTI
“Perbedaan Pengetahuan dan Sikap Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun dan Beraktivitas Fisik Sebelum Dan Sesudah Diberikan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV Dan V SDN Tangerang 12, Kota Tangerang”
V BAB, 64 Halaman, 10 Tabel, 4 Lampiran
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat anak usia dini masih merujuk pada PHBS di instalasi pendidikan. Dan promosi yang dilakukan hanya sebatas penyuluhan dan pembagian poster yang terkesan kurang menarik, sehingga dilakukan inovasi melalui media audio visual. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan sikap tentang Cuci Tangan Pakai Sabun dan Beraktivitas fisik sebelum dan sesudah diberikan media audio visual pada siswa kelas IV Dan V SDN Tangerang 12. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest desain. Jumlah sampel sebanyak 67 siswa. Analisis data yang dilakukan adalah analisis crosstab. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan tingkat pengetahuan responden sebelum dan sesudah diberikan media audio visual adanya peningkatan nilai rata-rata dari 95,82 menjadi 96,12. Dan adanya perbedaan sikap responden sebelum dan sesudah diberikan media audio visual adanya peningkatan dari 53,7% menjadi 56,7% responden dengan kategori positif. Saran dengan adanya penelitian ini diharapkan penyebaraan informasi mengenai Cuci Tangan Pakai Sabun dan Beraktivitas fisik dapat dilakukan dengan cara memberikan media audio visual supaya lebih menarik perhatian anak sekolah dasar.
Kata kunci: anak usia sekolah, perilaku hidup bersih dan sehat, Cuci Tangan Pakai Sabun dan Beraktivitas fisik, tingkat pengetahuan, sikap
Tidak tersedia versi lain