Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Gizi Rawat Inap di Rumah Sakit (Studi Literatur)
ABSTRAK
DIPLOMA III GIZI
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II
TUGAS AKHIR, JULI 2020
NISSA MAUDINA.
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN GIZI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT (STUDI LITERATUR).
xi, V BAB, 65 Halaman, 1 Gambar, 12 Tabel,
Keberhasilan dari penyelenggaraan makanan di rumah sakit dapat dilihat dari kepuasan pasien. Penilaian kepuasan pasien adalah salah satu cara pendekatan yang cukup efektif, murah dan mudah dalam upaya menjaga mutu pelayanan di rumah sakit.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi di rumah sakit dari kajian literatur. Pelayanan gizi meliputi cita rasa makanan, variasi menu, kebersihan alat saji, ketepatan waktu pemberian makanan, sikap pramusaji dan penampilan pramusaji.
Metode penelitian ini adalah penelusuran artikel menggunakan electronic database melalui google scholar, Portal Garuda dengan menggunakan kata kunci “tingkat kepuasan pasien”, “pelayanan makanan rumah sakit”, dan “kualitas makanan”. Kriteria inklusi pada penelitian ini adalah artikel full teks yang diterbitkan pada tahun 2010-2020 dan kriteria eksklusi yaitu artikel non penelitian dan abstrack saja.
Sebanyak 771 penelitian diambil, namun yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi hanya 11 penelitian yang termasuk dalam analisis.
Hasil penelitian berdasarkan karakteristik sampel menunjukkan sebagian sampel berusia 30-60 tahun, berjenis kelamin perempuan, bekerja, mendapatkan makanan biasa dan makanan lunak serta memiliki tingkat pendidikan menengah. Berdasarkan kualitas makanan sebagian besar sampel menyatakan tidak puas terhadap cita rasa makanan, berdasarkan kualitas pelayanan makanan sebagian besar sampel merasa puas terhadap kualitas pelayanan makanan yang diberikan rumah sakit.
Saran untuk mempertahankan kepuasan pasien perlu dilakukan penelitian secara berkala mengenai tingkat kepuasan pelayanan gizi yang diberikan baik dari segi cita rasa makanan, maupun dari segi kualitas pelayanan makanan.
Kata kunci: tingkat kepuasan pasien, pelayanan makanan rumah sakit, kualitas makanan
Tidak tersedia versi lain