Karya Tulis Ilmiah
Uji Cita Rasa dan Peluan Bisnis Produk Sirup Temulawak
IMAS SARTIKA
UJI CITA RASA DAN PELUANG BISINIS PRODUK SIRUP TEMULAWAK
xiv, VI BAB, 86 halaman, 9 tabel, 8 lampiran.
Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) merupakan salah satu rempah yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat sebagai rempah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Rimpang temulawak mengandung curcumin yang memiliki khasiat alami sebagai anti inflamasidan anti hepatotoksik yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan hati. Salah satu cara untuk menghilangkan rasa pahit dan pedas pada temulawak adalah melalui pembuatan sirup temulawak. Penellitian ini bertujuan untukmemilih dan merencanakan perhitungan penjualan serta rencana bisnis dari sirup temulawak. Penelitian ini mengunakan pendekatan cross sectional. Metode pemilihan panelis dengan cara purposive sampling karena panelis yang diambil dari populasi tersebut memiliki kriteria-kriteria yang sesuai dengan tujuan penelitian yaitu sebanyak 30 orang. Dari hasil penilaian uji cita rasa yang dilakukan oleh panelis didapatkan bahwa produk sirup temulawak yang terpilih terdapat pada sirup dengan kode 120 yaitu menggunakan bahan temulawak bubuk, gula aren, gula pasir, asam jawa serta penambahan kapulaga, kayu manis dan cengkeh. Hasil dari penilian produk terpilih yaitu untuk rasa diperoleh 4.46 yaitu enak, warna diperoleh 4.03 yaitu menarik, aroma diperoleh 4.03 yaitu suka, harga diperoleh 3.8 yaitu sesuai, kemasan diperoleh 3.83 yaitu menarik serta untuk label diperoleh 4.1 yaitu menarik.
Daftar bacaan : 29 bacaan.
Kata Kunci : Temulawak, Sirup, Uji Cita Rasa, Produk Terpilih
Tidak tersedia versi lain