Karya Tulis Ilmiah
Tinjauan Pelaksanaan Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT AS) Di Sekolah Dasar (Studi Literatur)
ABSTRAK
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTRIAN KESEHATAN JAKARTA II
Tugas Akhir, Mei 2020
MEIDA NUR HIDAYANTI
TINJAUAN PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN
TAMBAHAN ANAK SEKOLAH (PMT AS) DI SEKOLAH DASAR (STUDI
LITERATUR)
Xii, V BAB, 59 halaman, 12 tabel
Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT AS) adalah kegiatan pemberian makanan kepada peserta didik sekolah dasar dalam bentuk kudapan yang aman dan bergizi, dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan. PMT AS berupa makanan kudapan harus mengandung kebutuhan energi minimal 300 kkal dan 5 gram protein. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meninjau pelaksanaan program PMT-AS pada siswa-siswi di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui beragam kepustakaan (buku, jurnal ilmiah, dan dokumen). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mencari data dari literatur. Hasil penelitian input meliputi siswa-siswi, tenaga kerja program PMT-AS, biaya pelaksanaan PMT-AS, dan bahan-bahan makanan PMT-AS. Proses meliputi perencanaan (perencanaan menu, nilai zat gizi PMT-AS, waktu pemberian PMT-AS), pelaksanaan (persiapan, pengolahan, dan pendistribusian), pengorganisasian, monitoring, dan evaluasi. Output meliputi daya terima PMT AS, daya terima MT-AS hampir semua siswa-siswi menyukai MT-AS (99,7%), porsi yang cukup (94.8%), dan yang habis (88,6%). Jenis makanan yang paling disukai adalah arem-arem. Kehadiran siswa-siswi cenderung lebih meningkat.
Kata kunci : Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS), Anak
Sekolah Dasar, Input, Proses, Output
Tidak tersedia versi lain