Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Hubungan Pengetahuan Gizi, Asupan Sarapan Dengan Prestasi Belajar pada Remaja (Studi Literatur)
VIRA AMALIA
“GAMBARAN HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI, ASUPAN SARAPAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA (STUDI LITERATUR) ”
V Bab, 66 Halaman, 1 Tabel
Prestasi belajar siswa dapat diketahui setelah diadakan evaluasi,yang diadakan dalam bentuk nilai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hubungan pengetahuan gizi, asupan sarapan dengan prestasi belajar pada remaja dari kajian literatur. Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi menggunakan Electronic Database melalui google scholar, portal garuda, NCBI, Ligben. Kriterian inklusi pada penelitian ini adalah artikel full teks pada rentang tahun 2012-2019 dan kriteria ekslusi yaitu artikel non penelitian dan abstrak saja dengan metode PRISMA (Preffered Reporting Items for Systematic reviews and Meta-Analyses) yang menggunakan kata kunci “Pengetahuan Gizi”, “Asupan Sarapan” dan “Prestasi Belajar”. Sebanyak 750 penelitian diambil,namun hanya terdapat 19 penelitian yang termasuk dalam analisis. Hasil dari penelitian ini didapatkan: pengetahuan gizi tidak berhubungan dengan prestasi belajar. Asupan energi, protein, dan karbohidrat sarapan berhubungan dengan prestasi belajar.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Pengetahuan Gizi, Asupan Energi, Asupan Karbohidrat, Asupan Protein
Tidak tersedia versi lain