Skripsi
Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Infografis Terhadap Sikap Jajan Pada Siswa Kelas V SDN Kebayoran Lama Selatan 05
SUCI TIANASARI
PENGARUH PENYULUHAN DENGAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP SIKAP JAJAN PADA SISWA KELAS V SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05
xii, V BAB, 72 Halaman, 5 Tabel, 8 Lampiran
Mengonsumsi makanan jajanan di sekolah sudah menjadi rutinitas siswa Sekolah Dasar (SD). Hal ini menyebabkan diperlukannya sebuah upaya untuk memberikan edukasi kepada murid SD tentang pemilihan jajanan sehat. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu penyuluhan dengan media yang menarik bagi siswa Sekolah Dasar seperti menggunakan audio visual yaitu media infografis.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan one group pretest and posttest design. Sampel penelitian terdiri dari 50 responden. Responden adalah murid kelas V (lima) SD. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode acak. Penyuluhan dilakukan melalui WhatsApp Group dengan media infografis. Pengaruh penyuluhan dengan media infografis terhadap Sikap jajan siswa dianalisis menggunakan uji uji t-test (uji beda dua proporsi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa yang terdiri 29 siswi (58%) berjenis kelamin perempuan dan 21 siswa (42%) berjenis kelamin laki-laki. Sebagian besar siswa sebanyak 41 siswa (82%) memiliki uang saku sebesar 1.000 - 10.000 rupiah, sebanyak 7 siswa (14%) memiliki uang saku sebesar 11.000 - 20.000 rupiah dan hanya 2 siswa (4%) yang memiliki uang saku lebih dari 20.000 rupiah. Hasil selanjutnya yaitu penyuluhan dengan media infografis berpengaruh terhadap perubahan Sikap siswa ke arah yang lebih baik dengan taraf signifikan=0,000. Kesimpulan penelitian ini adalah penyuluhan dengan media infografis berpengaruh terhadap perubahan Sikap siswa. Disarankan pada pihak sekolah untuk menggunakan media infografis untuk penyuluhan kesehatan di sekolah terutama dalam pemilihan jajanan sehat.
Kata Kunci : Penyuluhan, Media Infografis, Sikap, Makanan Jajanan
Tidak tersedia versi lain