Skripsi
Perbandingan Pengetahuan Gizi Seimbang Berdasarkan Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Dan Media Booklet Isi Piringku Pada siswa Kelas VIII MTSN 7 Jakarta
DEWI RESTI SETIANI
“Perbandingan Pengetahuan Gizi Seimbang Berdasarkan Penyuluhan dengan Metode Ceramah dan Media Booklet Isi Piringku Pada Siswa Kelas VIII MTsN 7 Jakarta”
XIII, V Bab, 76 halaman, 11 Tabel, 9 Lampiran
Masa remaja merupakan kelompok umur yang rentan pada psikis, fisik, sosial dan gizi karena peningkatan pertumbuhan fisik dan perkembangannya. Masalah gizi yang timbul pada usia remaja dipicu oleh beberapa faktor seperti kebiasaan makan yang buruk, pemahaman gizi yang salah, dan kurangnya aktivitas fisik. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang pada remaja dapat dilakukan dengan metode penyuluhan kesehatan menggunakan media booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbandingan pengetahuan gizi seimbang berdasarkan penyuluhan dengan metode ceramah dan media booklet isi piringku pada siswa kelas VIII MTsN 7 Jakarta. Metode penelitian adalah Pretest – Posttest Design. Responden berjumlah 76 siswa kelas VIII diambil secara purposive sampling yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok yang diberikan penyuluhan dengan tanpa media (n=38) dan kelompok yang diberikan penyuluhan dengan menggunakan booklet (n=38), masing-masing dilakukan sebanyak 2 kali petemuan. Pertemuan pertama pretest dan penyuluhan, pertemuan kedua review dan posttest. Data pengetahuan gizi diperoleh dari pengisian kuesioner sebeum dan sesudah diberikan penyuluhan. Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan Paired Sample t-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan. Baik itu penyuluhan dengan media booklet maupun penyuluhan dengan tanpa media (nilai
Tidak tersedia versi lain