Skripsi
Efektifitas Media Penyuluhan Loly Puppet Dan Ular Tangga tentang Ikan Pada Anak Kelas 5 SD Di SDN 09 Kramat Pela Jakarta Selatan
YOLANDA FRANSISCA
“EFEKTIFITAS MEDIA PENYULUHAN LOLY PUPPET DAN ULAR TANGGA TENTANG IKAN PADA ANAK KELAS 5 SD DI SDN 09 KRAMAT PELA JAKARTA SELATAN”
5 BAB, 88 halaman, 9 tabel, 12 lampiran.
Dalam melakukan promosi kesehatan dengan metode penyuluhan dibutuhkan media untuk mempermudah dalam menjelaskan sebuah materi. Salah satu media yang dapat digunakan pada anak kelas 5 SD adalah media permainan. Menggunakan media permainan dalam penyuluhan dapat menarik perhatian anak dan dapat menghibur anak. Selain itu dalam melakukan penyuluhan, penting untuk memilih media yang sesuai sehingga media tersebut dapat dikatakan efekttif digunakan untuk penyuluhan. Ikan merupakan sumber daya alam yang berlimpah di Indonesia tetapi masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang mengonsumsi ikan.
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas media penyuluhan media loly puppet dan ular tangga tentang ikan pada anak kelas 5 SD di SDN 09 Kramat Pela, Jakarta Selatan., menggunakan pra-eksperimental designs dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest – Postest design. Responden dalam intervensi ini adalah siswa kelas 5 SD yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sesuai dengan kebutuhan intervensi. Data karakteristik dan pengetahuan diperoleh dari kuesioner.
Dari hasil penelitian diperoleh jumlah responden 40 orang yang terdiri 80% berusia 11 tahun, 15% berusia 10 tahun dan 5% berusian 12 tahun. Jumlah responden laki-laki dan perempuan sama yaitu 50% dan sebanyak 55% responden telah terpapar informasi tentang ikan. Ada perubahan pengetahuan tentang ikan pada responden setelah dilakukan penyuluhan. Nilai uji statistic paired t-test pada media loly puppet dan ular tangga diperoleh probabilitas (Sig) 0,000 < 0,05 sehingga ada perubahan signifikan pada pengetahuan responden setelah dilakukan penyuluhan. Efektifitas media diuji dengan independent samples t-test diperoleh probabilitas (Sig) 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh perbedaan yang signifikan saat dilakukan penyuluhan antara media loly puppet dan ular tangga. Oleh karena itu media yang efektif digunakan tentang ikan pada anak 5 SD adalah media loly puppet. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata post test.
Kata kunci : penyuluhan, pengetahuan, efektifitas, ikan.
28 Daftar Pustaka, 1994 -2018
Tidak tersedia versi lain