Skripsi
Perbedaan Tingkat Pengetahuan Tentang Isi Piringk Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Dengan Media Video Blog (VLOG) Pada Kelas VI SD
PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ISI PIRINGKU SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN DENGAN MEDIA VIDEO BLOG (VLOG) PADA KELAS VI SD.
xiv, V BAB, 82 Halaman, 9 Tabel, 2 Gambar, 9 Lampiran
Hasil Riskesdas 2013 masalah gemuk pada anak umur 5-12 tahun masih tinggi yaitu 18,8%, terdiri dari gemuk 10,8% dan sangat gemuk (obesitas) 8,8%. Hasil Riskesdas 2010 prevalensi kegemukan pada anak umur 6-12 tahun laki-laki sebesar 10,7% dan perempuan 7,7%. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi karakteristik subjek, 2) Menilai pengetahuan murid tentang isi piringku sebelum mendapat penyuluhan dengan media video blog (vlog), 3) Menilai pengetahuan murid tentang isi piringku sesudah mendapat penyuluhan dengan media video blog (vlog), 4) Menganalisis tingkat pengetahuan murid tentang isi piringku sebelum mendapatkan penyuluhan dengan media video blog (vlog). Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VI SD Sukamaju Baru 2 Depok. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan didapatkan sebanyak 60 murid yang memenuhi kriteria. Jenis penilitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian perlakuan ulang atau sering disebut “One group pre and post test design”. Data karakteristik responden berupa umur, jenis kelamin, pekerjaan orang tua, pendidikan orang tua. Data Pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan diperoleh dari kuesioner. Analisis statistik menggunakan uji paired samples test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara Pengetahuan Tentang Isi Piringku sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media blog (vlog) pada kelas VI SD ( (p
Tidak tersedia versi lain