Skripsi
Pengetahuan dan Sikap Siswa Kelas IV Sebelum dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Tentang Jajanan Sehat Menggunakan Media Panggung Boneka di MI Tadzibun Nufus Jakarta Barat
RELITA HANAFI
“PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA KELAS IV SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN TENTANG JAJANAN SEHAT MENGGUNAKAN MEDIA PANGGUNG BONEKA DI MI TADZIBUN NUFUS JAKARTA BARAT”.
XLIX, V Bab, 86 Halaman, 12 Tabel, 4 Gambar, 12 Lampiran
Kurangnya pengetahuan tentang jajanan sehat menjadi penyebab salahnya pemilihan jajanan pada anak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media panggung boneka tentang jajanan sehat pada siswa kelas IV di MI Tadzibun Nufus Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan rancangan Pra-Eksperimental : One Group Pre-Post Test Design. Pengukuran pengetahuan dan sikap subjek penelitian dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Jumlah sampel sebanyak 44 diambil recara random sampling.. Analisa data dilakukan dengan uji statistik Wilcoxon Sum Rank Test. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan rata rata sebesar 28,4%±0,904 pada pengetahuan dan 35,5%±0,821 pada sikap. Analisa statistik menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara pengetahuan dan sikap awal dengan pengetahuan dan sikap akhir tentang jajanan sehat pada anak sekolah dasar setelah diberikan penyuluhan dengan media panggung boneka {p = 0,000 (p < 0,05)}. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan gizi dengan menggunakan panggung boneka dapat meningkatkan penetahuan dan sikap anak pada makanan jajanan. Dengan demikian dapat disarankan bahwa pendidikan gizi dengan menggunakan media panggung boneka dapat digunakan sebagai salah satu media yang efektif untuk merubah perilaku makan termasuk perilaku makanan jajanan sehingga proses mempersiapkan anak sebagai sumber daya manusia berkualitas dapat tercapai.
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Jajanan Sehat, Panggung Boneka
Daftar Bacaan : 46 Bacaan (1998 – 2018)
Tidak tersedia versi lain