Skripsi
Perbedaan Pengetahuan dan Sikap terhadap Isi Piringku Sebelum dan Sesudah diberikan Penyuluhan dengan Media Video Edukatif Puzzle Isi Piringku pada Anak SD kelas 5 di SDN 015 Pagi, Tebet
Syifaruni Nada Salma
“Perbedaan Pengetahuan dan Sikap terhadap Isi Piringku Sebelum dan Sesudah diberikan Penyuluhan dengan Media Video Edukatif Puzzle Isi Piringku pada Anak SD kelas 5 di SDN 015 Pagi, Tebet”
5 BAB 96 Halaman, 5 Bagan, 9 Tabel, 9 Lampiran
Berdasarkan hasil survei kunsumsi nasional yang dituangjan dalam Survei Diet Total (SDT) 2014, rerata asupan karbohidrat dan protein penduduk Indonesia masih memenuhi anjuran namun konsumsi lemak melebihi rekomenjadi gizi seimbang. Selain itu, dua hal pokok yang menjadi perhatian ialah masih banyak ditemukan kekurangan energi, protein pada anak sekolah serta kurang mengonsumsi sayur dan buah. Video puzzle isi piringku merupakan salah satu media yang menstimulus pancaindera penglihatan dan pendengaran terkhusus dengan materi isi piringku. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengetahuan dan sikap terhadap isi piringku sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan dengan media video edukatif puzzle isi piringku.
Penelitian ini menggunakan rancangan Pra-Eksperimental : One Group Pre-Post Test Design. Pengukuran pengetahuan dan sikap subjek penelitian dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Subjek penelitian diberikan penyuluhan dengan media video edukatif puzzle isi piringku. Pengukuran pengetahuan dan sikap akhir dilakukan sebanyak dua kali yaitu setelah penelitian dan 2 minggu setelah penelitian.
Hasil penelitian didapatkan: Data dianalisis menggunakan statistik non-parametrik Wilcoxon Rank Sum Test menyimpulkan ada perbedaan yang bermakna pada pengetahuan p=0,000 (p
Tidak tersedia versi lain