Skripsi
Perbedaan Pengetahuan dan Sikap Kelompok Ibu Sebelum dan Sesudah Diberikan Penyuluhan "Isi Piringku" Untuk Balita (6-59 Bulan) Dengan Media Video Blog (Vlog) Di Wilayah Perkotaan
Ishfahani Maila
“Perbedaan Pengetahuan dan Sikap Kelompok Ibu Sebelum dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Isi Piringku untuk Balita (6-59 Bulan) dengan Media Video Blog (Vlog) di Wilayah Perkotaan”
5 BAB 104 Halaman, 4 Gambar, 1 Bagan, 19 Tabel, 11 Lampiran
Data United Nations Children’s Fund (UNICEF), lebih dari 50% kematian balita terkait dengan keadaan kurang gizi, dan dua pertiga diantara kematian tersebut terkait dengan praktik pemberian makan yang kurang tepat pada bayi dan balita. Proporsi konsumsi makanan beragam pada anak 6-23 bulan di Indonesia adalah 46,6%. Angka prevalensi balita stunting di Indonesiapada tahun 2018 adalah 30,8%. “Isi Piringku” adalah salah satu implementasi pengaturan pola makan sesuai dengan gizi seimbang yang dicetuskan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2017 sebagai pengganti slogan “4 Sehat 5 Sempurna”. Video Blog merupakan salah satu media yang menstimulus pancaindera penglihatan dan pendengaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengetahuan dan sikap kelompok Ibu sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan “Isi Piringku untuk Balita (6-59 Bulan) dengan media video blog (vlog). Penelitian ini menggunakan rancangan Quassi Experimental Two Group Pre and Post Test Design. Pengukuran pengetahuan dan sikap kelompok intervensi dan kontrol dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Kelompok intervensi diberikan penyuluhan dengan media vlog dan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan apapun (placebo). Pengukuran pengetahuan dan sikap akhir dilakukan seminggu kemudian. Hasil penelitian didapatkan: ada perbedaan yang bermakna pada pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media vlog pada kelompok intervensi dengan nilai p pengetahuan 0,000 ((p
Tidak tersedia versi lain