Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara Periode Maret 2019
Gambaran Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara Periode Maret 2019
Oleh : Kathryn Magdalena Siregar
P2.31.39.0.16.107
Pendahuluan : Rumah Sakit merupakan organisasi yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan. Salah satu bagian pelayanan Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk adalah bagian Farmasi Rawat Jalan. Pada tahun 2017 telah dilakukan Survei Kepuasan Pelanggan Bagian Farmasi Rawat Jalan periode September-Oktober 2017. Kepuasan pasien atau pelanggan tidak dapat dipisahkan dari kualitas pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang dapat menimbulkan kepuasan pada setiap pasien atau pelanggan dimana tata cara penyelenggaraannya sesuai dengan standar dan kode etik yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien/pelanggan terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk.
Metode : Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Responden diberikan form survei kepuasan pasien/pelanggan untuk diisi.
Hasil : Tingkat kepuasan responden terhadap kenyamanan dan kebersihan ruang apotek, keramahan petugas dan kepedulian petugas menyatakan sangat puas sebanyak 68%-74%.
Kesimpulan : Untuk tingkat kepuasan responden terhadap keramahan petugas di Apotek RS Pantai Indah Kapuk sebanyak 74% menyatakan sangat puas tetapi untuk tingkat kepuasaan responden terhadap waktu tunggu pelayanan obat racikan sebanyak 29% menyatakan sangat puas.
Kata Kunci : kepuasan pasien/pelanggan, pelayanan kefarmasian
Tidak tersedia versi lain