Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan dan Status Gizi Pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta Pada Bulan Januari dan Februari 2019
ABSTRAK
Penilaian konsumen pada kualitas pelayanan di Rumah Sakit merupakan hal yang sangat penting sebagai acuan dalam pembenahan pelayanan di Instalasi Gizi di Rumah Sakit, sehingga terciptanya suatu kepuasan bagi pelanggan atau pasien, dan menciptakan suatu loyalitas dari konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan dan Status Gizi Pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta Pada Bulan Januari dan Februari 2019.
Penelitian ini menggunakan dengan metode penelitiaan survei.Tekhnik pengumpulan data, pengisian kuesioner pada pasien rehabilitasi RSKO (sebanyak 30 orang), dan data data sekunder yang ada pada Instalasi Gizi Rumah Sakit ketergantungan Obat Jakata pada bulan Januari dan Februari 2019 (tingkat kepuasan pelayanan makanan pada pasien).
Hasil penelitian berdasarkan karakteristik pasien menunjukan sebanyak 66% berjenis kelamin laki-Laki, 33% berjenis kelamin perempuan, berusia dari 20-49 tahun, Status gizi pasien sebagai berikut : kurang 6%, Normal 50%, Gizi Lebih 26%, Obesitas 13%. Saran dari penelitian ini adalah perlu diadakannya penelitian lebih lanjut dengan sampel yang jauh lebih banyak mengenai gambaran tingkat pelayanan yang sangat berhubungan dengan tingkat kepuasan pelayanan makanan pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta.
Daftar Pustaka : 12 (2012-2017)
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Status Gizi, Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta
Tidak tersedia versi lain