Skripsi
Hubungan Antara Sarapan dan Konsentrasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 11 SMA Negeri 105 Jakarta, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II
SKRIPSI, MEI 2019
AULIA RACHMAH
“Hubungan Antara Sarapan dan Konsentrasi Belajar dengan Prestasi
Belajar Siswa Kelas 11 SMA Negeri 105 Jakarta, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur”
5 BAB, 67 Halaman, 22 Tabel, 7 Lampiran
Latar belakang: Gizi merupakan salah satu aspek penting dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar menjadi salah satu
indikator dalam keberhasilan seseorang dalam bidang akademik siswa.
Dalam mencapai prestasi belajar yang optimal, terdapat beberapa faktor
yang mempengaruhinya, salah satunya konsentrasi siswa dalam proses
belajar dan juga asupan gizi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis hubungan Sarapan dan Konsentrasi Belajar dengan Prestasi
Belajar Siswa Kelas 11 SMA Negeri 105 Jakarta. Desain: Penelitian
analitik dengan desain cross sectional, jumlah sampel 78 siswa dan
diambil secara systematic random sampling yang memenuhi kriteria
inklusi dan eksklusi. Metode: Data Prestasi Belajar diperoleh dari hasil
belajar siswa semester 1-3. Data Sarapan diperoleh dengan metode food
recall 2x24 jam pada hari sekolah. Data Konsentrasi Belajar diperoleh
dengan metode Digit Symbol Test menggunakan stopwatch. Hasil:
Analisis data dengan Distribusi Frekuensi dan Uji Korelasi. Dari 78
responden, sebagian besar memiliki Frekensi Sarapan yang Rutin
(52.6%), Konsentrasi Belajar Tinggi (60.3%), dan Prestasi Belajar Baik
(89.7%). Tidak ada hubungan yang signifikan antara Sarapan dengan
Prestasi Belajar (p=0.599). Tidak ada hubungan antara Konsentrasi
Belajar dengan Prestasi Belajar (p=0.937). Ada hubungan yang signifikan
antara Sarapan dengan Konsentrasi Belajar (p=0.000)
Kata Kunci: Sarapan, Asupan Energi, Asupan Protein, Konsentrasi
Belajar, Prestasi Belajar.
Tidak tersedia versi lain