Skripsi
Hubungan Kontribusi Asupan Energi dan Zat Gizi Makro dari Sarapan Terhadap Status Gizi Siswa Sekolah Dasar Kelas III III & Kelas IV Di SDN 01 Gunung Jakarta Selatan
Sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan mulai dari bangun tidur di pagi hari sampai jam 9 untuk memenuhi sekitar 15-25% kebutuhan gizi sehari untuk mewujudkan hidup yang sehat, aktif dan cerdas. Seringnya anak melewati waktu sarapan akan memiliki risiko 3 kali lebih tinggi untuk ngemil dan sulit mengontrol nafsu makan mereka sehingga dapat menyebabkan obesitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kontribusi asupan energi dan zat gizi makro dari sarapan terhadap status gizi siswa sekolah dasar kelas III & kelas IV di SDN 01 Gunung Jakarta Selatan. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan rancangan penelitian cross-sectional. Responden dalam penelitian ini sebanyak 88 siswa yang diambil dengan total sampling. Pengambilan data menggunakan wawancara dan kuisioner. Variabel penelitian meliputi asupan energi, asupan zat gizi makro dari sarapan, status gizi. Analisis data menggunakan uji statistik korelasi pearson. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik menunjukan bahwa hubungan yang tidak signifikan antara total asupan energi, protein, lemak, karbohidrat terhadap status gizi (IMT/U) dengan nilai r masing-masing -0,037; 0,048; -0,147; -0,021 dan hubungan yang tidak signifikan antara kontribusi energi, protein, lemak, karbohidrat dari sarapan terhadap status gizi (IMT/U) dengan nilai r masingmasing 0,082; 0,001; 0,016; 0,036. Disarankan sekolah bekerja sama dengan puskesmas untuk memberikan penyuluhan mengenai sarapan yang sehat dan bergizi kepada orangtua murid agar makanan sarapan yang dibuat baik dari segi kualitas maupun kuantitas
Tidak tersedia versi lain