Karya Tulis Ilmiah
Pengetahuan Gizi, Sikap, Dan Status Gizi pada Siswa/i dengan Status Gizi lebih di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Fidaa
ABSTRAK
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II TUGAS AKHIR JUNI 2019
ANNISA FITRI RAMADHANTI
PENGETAHUAN GIZI, SIKAP DAN STATUS GIZI PADA SISWA/I DENGAN STATUS GIZI LEBIH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU AL-FIDAA
V BAB, 73 Halaman, 13 Tabel, 5 Lampiran
Masalah gizi lebih terjadi bersamaan dengan kemajuan ekonomi pada masyarakat khususnya di daerah perkotaan. Pola makan yang salah mudah menyebabkan kelebihan masukan energi yang dapat menimbulkan kegemukan bahkan gizi lebih. Di Indonesia, remaja usia 16-18 tahun yang mengalami overweight sebesar 1,6% dan obesitas sebesar 5,7% (Riskesdas, 2013). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan, sikap tentang gizi remaja pada siswa/i dengan status gizi lebih di SMAIT Al-Fidaa. Jenis penelitian yang digunakan adalah crossectional yang bersifat deskriptif analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas X dan XI SMA IT Al-Fidaa. Sampel penelitian ini diambil secara purposive sampling, yaitu berdasarkan status gizi lebih. Data karakteristik, status gizi, pengetahuan dan sikap didapat dari pengisian kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah responden 30 orang yang terdiri dari 46,7% laki-laki dan 53,3% perempuan. Status gizi responden 30% overweight dan 70% obesitas. Pengetahuan gizi responden diantaranya 36,7% kategori baik, 60% kategori cukup, dan 3,3% kategori kurang. Sikap responden diantaranya 56,7% positif dan 43,3% negatif.
Kata Kunci : Status gizi, Pengetahuan gizi, Sikap
Daftar Pustaka : 22 (2000-2018)
Tidak tersedia versi lain