Skripsi
Hubungan Mutu Layanan Gizi terhadap Kepuasan Pasien Pasien Rawat Jalan Penderita Penyakit Degeneratif di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi
ABSTRAK
Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Jakarta II
Skripsi, 10 Juni 2019
MUTIARA DWI SINTA
Hubungan Mutu Layanan Gizi terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Penderita Penyakit Degeneratif di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi.
V BAB. 88 hlm. 23 tabel. 8 lampiran.
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan layanan rawat jalan yang harus dipenuhi Rumah Sakit sebagai penyedia layanan jasa. Hasil survei kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Kota Bekasi
sebesar 79,3%, sedangkan target nasional yang harus dicapai adalah 90%. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan mutu layanan gizi terhadap kepuasan pasien rawat jalan penderita penyakit degeneratif di
RSUD Kota Bekasi. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional yang dilakukan pada 30 orang pasien rawat jalan di Poli Gizi RSUD Kota Bekasi. Sampel diambil dengan
cara quota sampling. Responden penelitian ini sebagian besar perempuan, berusia 41 – 60 tahun, berpendidikan akhir rendah, tidak bekerja, dan menderita Diabetes Mellitus. Berdasarkan hasil uji chi-square disimpulkan
bahwa ada hubungan antara mutu layanan gizi dimensi reliability (p = 0,000) ; tangible (p = 0,030) ; dan assurance (p = 0,000) dengan kepuasan pasien. Hasil IPA menunjukkan 3 atribut di Kuadran A, 14 atribut di Kuadran B, 9 atribut di Kuadran C, dan 3 atribut di Kuadran D. Hasil CSI sebesar 86,5%. Disarankan untuk meningkatkan mutu pelayanan terutama atribut yang terletak di Kuadran A.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Dimensi Mutu, Importance Performance
Analysis, Customer Satisfaction Index
Kepustakaan : 52, (2000:2018)
Tidak tersedia versi lain