Skripsi
Perbedaan Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan mengunakan media Booklet tentang Pesan Khusus Gizi seimbang pada Siswa Siswa-siswi Kelas 5 SDN Duri Kepa 7 Pagi Jakarta Barat
ABSTRAK
JURUSAN GIZI
POLTEKKES KEMENKES JAKARTA II
Skripsi, Juni 2019
NADIYAH DARMAWAN
“PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BOOKLETTENTANG PESAN KHUSUS GIZI SEIMBANG PADA SISWA-SISWI KELAS 5 SDN DURI KEPA 07 PAGI,
JAKARTA BARAT.”
lxvii, v bab, 67 halaman, 14 tabel, 14 lampiran
Lingkungan sekolah sangatlah mempengaruhi pembentukan perilaku anak khususnya perilaku gizi seimbang. Menurut Achadi, dkk (2010) pada anak sekolah dasar di kota Depok yang menunjukkan bahwa rata-rata skor pengetahuan sebesar 67,81 poin. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengetahuan gizi anak di beberapa daerah Indonesia masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan, sikap dan tindakan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan menggunakan media booklettentang pesan khusus gizi seimbang pada siswa-siswi kelas 5 SDN Duri Kepa 07 Pagi, Jakarta Barat.Metode penelitian adalah The One GroupPretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 57 siswa/siswi. Hasil yang didapatkan adalah terdapat perbedaan pengetahuan, sikap, dan tindakan setelah diberikan penyuluhan menggunakan media booklet dengan nilai p yaitu 0,000 (p < 0,05).
Kata Kunci : Pesan Khusus Gizi Seimbang, Media Booklet, Pengetahuan, Sikap, Tindakan.
Daftar Bacaan : 26 Bacaan (1994 – 2018)
Tidak tersedia versi lain