Karya Tulis Ilmiah
Pengaruh Penyuluhan Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Perilaku Siswa/Siswi Kelas XI SMA Islam PB Soediman Cijantung Jakarta Tentang Makanan Cepat Saji (fast Food)
ABSTRAK
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II
TUGAS AKHIR, JUNI 2019
NIA KARMILAWATI
“Pengaruh Penyuluhan terhadap Perubahan Pengetahuan dan Perilaku Siswa/Siswi Kelas XI SMA Islam PB Soedirman Cijantung Jakarta tentang Makanan Cepat Saji (Fast Food)”
5 BAB, 71 Halaman, 7 Tabel, 9 Lampiran
Pada zaman yang sudah modern ini, kebanyakan masyarakat ingin semuanya serba cepat, serba praktis. Begitupun dengan urusan perut, ingin yang simpel, bisa diterima lidah dan cukup mengenyangkan. Akhirnya, kebanyakan masyarakat tersebut memilih makanan cepat saji (fast food). Semakin banyak makanan cepat saji yang dikonsumsi maka semakin besar pula risiko terjadinya obesitas.Asupan makanan adalah salah satu penyebab obesitas terutama yang mengandung kalori dan lemak tinggi.Contoh makanan mengandung kalori dan lemak tinggi adalah fast food. Tujuan: Mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap perubahan pengetahuan dan perilaku Siswa/Siswi Kelas XI SMA Islam PB Soedirman Cijantung Jakarta tentang makanan cepat saji (fast food). Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental dengan perlakuan ulang atau “one group pre and post test design”. Responden dalam intervensi ini adalah seluruh siswa/siswi kelas XI yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sesuai dengan kebutuhan intervensi. Data karakteristik, pengetahuan dan perilaku didapat dari pengisian kuesioner. Hasil: Responden berjumlah 99 responden yang terdiri 66,7% berjenis kelamin laki-laki dan 33,3% berjenis kelamin perempuan. Usia responden antara 16-17 tahun. Besaran uang saku untuk membeli makanan fast food yaitu 24,2% memiliki uang saku yang besar dan 75,8% memiliki uang saku yang kecil. Adanya perubahan frekuensi pengetahuan responden tentang Fast Food dan 4 Pilar Gizi Seimbang sebelum dan sesudah penyuluhan. Adanya perubahan perilaku responden dalam mengkonsumsi fast food.
Kata Kunci : Penyuluhan, Pengetahuan, Perilaku, Fast Food
Tidak tersedia versi lain