Karya Tulis Ilmiah
Gambaran Kepuasan Pelayanan Makanan dilihat dari Karakteristik Santri Madrasah Tsanawiyah di Pesantren Nurul Falah Parungpanjang
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II
Tugas Akhir, Juni 2019
FARIDA NINGRUM
“GAMBARAN KEPUASAN PELAYANAN MAKANAN DILIHAT DARI KARAKTERISTIK SANTRI MADRASAH TSANAWIYAH DI PESANTREN NURUL FALAH, PARUNGPANJANG”
XIV, V Bab, 14 Tabel, 58 Halaman, 9 Lampiran
Pondok Pesantren memiliki ciri khas berupa asrama. Didalam Asrama terdapat pelayanan makanan massal yang diatur oleh Pesantren. Dalam pelayanan makanan terdapat perinsip-prinsip yang harus diterapkan, salah satunya adalah memenuhi kepuasan konsumen. Kepuasan pelayanan makanan memiliki komponen seperti: kebersihan alat saji, variasi menu, ketepatan waktu makan, dan ketepatan porsi makan. Salah satu Pondok Pesantren Modern yaitu Pondok Pesantren Nurul Falah Parungpanjang menjadi objek penelitian. Pelayanan makanan yang ada di Pesantren Nurul Falah secara catu. Tujuan dalam penelitian adalah mengetahui Gambaran Kepuasan Pelayanan Makanan dilihat dari Karakteristik Santri Madrasah Tsanawiyah di Pesantren Nurul Falah, Parungpanjang. Penelitian dilakukan pada April 2019, bersifat deskriptif dengan 30 sampel santri Madrasah Tsanawiyah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar Responden (66,7%) menilai Kepuasan pelayanan makanan di Pesantren Nurul Falah Parungpanjang tidak puas dan Berdasarkan data analisis silang, sebagian besar responden Perempuan cenderung tidak puas terhadap pelayanan makanan di Pesantren Nurul Falah Parungpanjang.
Kata Kunci : Kepuasan Pelayanan Makanan, Kebersihan Alat Saji,
Variasi Menu, Ketepatan Waktu Makan, Ketepatan Porsi Makan, Karakteristik Santri, dan Pondok Pesantren.
Daftar Pustaka : 24 bacaan (2002-2018)
Tidak tersedia versi lain