Skripsi
Efektivitas Edukasi Melalui Aplikasi My Fitness PAL Dibandingkan dengan Media Konvensional dalam Perubahan Pola Makan Dan Berat Badan Pada Siswa/i Gemuk dan Obesitas di SMAN 80 Jakarta
ABSTRAK
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II
Skripsi, Juni 2019
AFIANNA RAHMA BIHAQ
“EFEKTIVITAS EDUKASI MELALUI APLIKASI MY FITNESS PAL DIBANDINGKAN DENGAN MEDIA KONVENSIONAL DALAM PERUBAHAN POLA MAKAN DAN BERAT BADAN PADA SISWA/I GEMUK DAN OBESITAS DI SMAN 80 JAKARTA”
XIII, V Bab, 126 Halaman, 21 Tabel, 10 Lampiran
Hasil Riskesdas 2013 menunjukkan bahwa prevalensi pada remaja gemuk 7.3% dan obesitas 4.2%. Salah satu upaya untuk menanggulangi masalah tersebut yaitu dengan pemberian edukasi gizi, dan pemantauan pola makan secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh intervensi selama 4 minggu terhadap pola makan dan perubahan berat badan. Penelitian ini bersifat randomized pretest – posttest control group design. Sample adalah siswa SMAN 80 Jakarta dengan status gizi lebih dan obesitas kelas X dan XI yang diambil secara sensus sebanyak 124 siswa. Kelompok 1 diberikan edukasi dengan cara konvensional dan kelompok 2 diberikan edukasi dengan cara media social. Pola makan dianalisis dengan Wilcoxon Signed rank test dan berat badan dianalisis dengan Paired T test. Hasil penelitian menunjukkan intervensi dapat merubah pola
makan secara signifikan dengan metode edukasi secara media social yaitu susunan hidangan makan (p=0.023), proporsi frek makan utama (p=0.008), proporsi frek makan selingan (p=0.001), proporsi asupan energy (p = 0.000), proporsi asupan protein (p= 0.019), proporsi asupan lemak (p= 0.000), dan proporsi asupan karbohidrat (p= 0.000). Perubahan berat badan signifikan terhadap 2 kelompok, yaitu (p=0.000). Intervensi yang paling efektif untuk penurunan berat badan
yaitu dengan edukasi melalui media social.
Kata Kunci : Edukasi Gizi, Pola Makan, Berat Badan, Remaja
Daftar Pustaka : 34 (1997-2018)
Tidak tersedia versi lain