Skripsi
Efektivitas Penyuluhan dengan Media Permainan Ular Tangga terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Anemia pada Siswa/I Kelas V SDN 01 Srengseng Jakarta Barat
ABSTRAK
JURUSAN GIZI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II
SKRIPSI, Juni 2017
Intan Cornelia Febriyani
“Efektivitas Penyuluhan Dengan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Anemia Pada Siswa/I Kelas V SD 01 Srengseng Jakarta Barat”
xv, V BAB, 57 Halaman, 6 Tabel, 14 Lampiran
Di Indonesia berdasarkan pengelompokan umur, didapatkan bahwa anemia pada anak sekolah usia 5-14 tahun sebesar 26.4%. Akibat nyata dari anemia gizi terhadap kualitas sumber daya manusia menurunkan prestasi belajar anak. Pembelajaran melalui media dapat dilakukan salah satunya dengan media permainan yang tepat, menarik, dan mudah dipahami bagi anak. Salah satu media permaian yang digunakan adalah dengan media permainan ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media permainan ular tangga terhadap tingkat pengetahuan anak sekolah dasar tentang anemia sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan di SDN 01 Srengseng Jakarta Barat. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 01 Srengseng dengan jumlah sampel sebanyak 69 anak. Penelitian ini menggunakan metode metode eksperimen yang dilakukan dengan observasi pertama (pretest) yang memungkinkan adanya perubahan yang terjadi setelah diberikan eksperimen (program). Rancangan penelitian ini yaitu rancangan one group pretest-posttest Berdasarkan perhitungan dengan Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna terhadap peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media permainan ular tangga tentang anemia pada anak sekolah dasar.
Kata Kunci : Anemia, Penyuluhan, Siswa/I sekolah dasar, Media Permainan Ular Tangga Daftar Pustaka : 41 (2004, 2016)
Tidak tersedia versi lain