Skripsi
Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Kelas IV Tentang Sayur Dan Buah Dan Daya Tarik Pada Media Puzzle di SDN Mekarjaya I
ABSTRAK
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN JAKARTA II
JURUSAN GIZI
Skripsi, Juni 2017
Wiena Arynda
“Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Kelas IV Tentang Sayur Dan Buah Dan Daya Tarik Pada Media Puzzle di SDN Mekarjaya I”
Di Indonesia, sebanyak 93,5% penduduk usia ≥10 tahun masih kurang mengonsumsi buah dan sayuran 5 porsi per hari selama 7 hari dalam seminggu (RISKESDAS, 2013). Studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Mekarjaya I menunjukkan tingkat pengetahuan anak sekolah tentang sayur dan buah sebesar 60% masih rendah dan sebesar 93.3% konsumsi sayur dan buah masih kurang. Selain itu, SDN Mekarjaya I belum pernah dijadikan sebagai tempat penelitian sebelumnya. Oleh sebab itu, perlu diadakan penelitian tentang pengetahuan sayur buah pada murid kelas IV SDN Mekarjaya I. Salah satunya adalah dengan melakukan penyuluhan dengan media permainan puzzle.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan tentang sayur dan buah sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media permainan puzzle pada murid kelas IV SDN Mekarjaya I. Penelitian ini dilakukan dengan metode Pra exsperiment yang menggunakan rancangan penelitian “One group pretest and posttest”. Pengambilan sampel dengan cara purpossive sampling sebanyak 66 orang.
Uji statistik yang digunakan adalah uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis menunjukan ada perbedaan pengetahuan bermakna dimana nilai p-value 0,000 atau p < 0,05 artinya ada perbedaan yang bermakna antara sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media permainan puzzle. Media permainan puzzle ini dapat dikembangkan oleh para guru sebagai media pembelajaran di kelas agar murid lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran dan membuat siswa tidak merasa jenuh.
Daftar Pustaka : 76 (2000-2015)
Kata Kunci : Pengetahuan, Anak Usia Sekolah, Permainan Puzzle, Sayur dan Buah
Tidak tersedia versi lain