Skripsi
Perbedaan Pengetahuan, Asupan Energi dan Zat Gizi dan Kebiasaan Konsumsi Makanan Tinggi Lemak Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Dengan Media Video pada Siswa Kegemukan Kelas IV Dan V Di SDN 01 Pulo Jakarta Selatan Tahun 2017
ABSTRAK
Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Jakarta II
Skripsi, Juni 2017
MEUTHIA RACHMAH
Perbedaan Pengetahuan, Asupan Energi dan Zat Gizi dan Kebiasaan Konsumsi Makanan Tinggi Lemak Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Dengan Media Video pada Siswa Kegemukan Kelas IV Dan V Di SDN 01 Pulo Jakarta Selatan Tahun 2017
Masalah kegemukan pada anak sekolah terjadi peningkatan setiap tahun. Banyak faktor yang diduga sebagai penyebab terjadinya kegemukan diantaranya pola konsumsi makan, kebiasaan makan dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Perbedaan Pengetahuan, Asupan Energi dan Zat Gizi dan Kebiasaan Konsumsi Makanan Tinggi Lemak Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Dengan Media Video pada Siswa Kegemukan Kelas IV Dan V Di SDN 01 Pulo Jakarta Selatan Tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi experimen dengan desain one group pre-posttest. Dari 63 populasi, terdapat jumlah sampel yaitu 15 responden yang berstatus gizi lebih. Sampel di ambil dengan cara non random sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian terdapat perbedaan pengetahuan (0.001), asupan energi (0.001), asupan karbohidrat (0.005), asupan protein (0.001), asupan lemak (0.001) dan kebiasaan konsumsi makanan tinggi lemak (0.002) sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media video. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyuluhan dengan media video dapat merubah pengetahuan, asupan energi dan zat gizi dan kebiasaan konsumsi makanan tinggi lemak pada anak sekolah.
Kata kunci: Pengetahuan, Asupan Energi dan Zat Gizi, Gizi Lebih pada Anak
Tidak tersedia versi lain